Apakah kalian tertarik dengan dunia penerbitan?

Untuk kalian yang suka menulis, dunia penerbitan pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Sudah pernah coba untuk kirim naskah ke penerbit? Gimana hasilnya? Masih ditolak? Eits… Jangan sedih ya. Kalian harus tetep semangat membuat naskah, dan perjuangkan naskah kalian sampai bisa terbit.

Kalian sudah tau kan bagaimana cara menerbitkan buku? Sebagian dari kalian pasti sudah tau. Nah, cara menerbitkan buku kalian sudah tau, tapi apakah kalian tau bagaimana proses buku itu bisa terbit?

Sebagai seorang penulis, kalian harus tau bagaimana proses buku itu sampai akhirnya bisa terbit dan ada di toko buku. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini ya.

1. Diskusi Naskah

Sebelum naskah kalian naik cetak, tentu harus adanya diskusi antara penulis dengan penerbitan. Tujuannya adalah agar tidak adanya salah persepsi antara penulis dan penerbit. Selain itu, diskusi ini juga bertujuan agar proses cetak dapat berjalan dengan lancar.

2. Proses Produksi

Hem… Adakah yang tau proses produksi itu mencakup hal apa saja? Saat naskah kalian diterima penerbit, dan telah mencapai kata sepakat, step selanjutnya dalah proses produksi. Proses produksi mencakup beberapa hal, diantaranya adalah :

  • Editing

Sebelum buku kalian naik cetak, naskah kalian akan memasuki proses editing. Proses editing ini, tujuannya bukan untuk mengubah isi naskah ya, tetapi untuk merapihkan naskah, agar lebih nyaman di baca.

  • Cover

Cover adalah hal yang wajib ada dalam sebuah buku. Tidak mungkin kan ada buku, tetapi tidak ada covernya? Mustahil bukan? Jadi, pembuatan cover adalah salah satu proses penting dalam proses produksi.

  • Layout

Process Layout atau Tata Letak Fungsional adalah penyusunan tata letak dimana alat yang sejenis atau mempunyai fungsi sama ditempatkan dalam bagian yang sama. Intinya, Process Layout adalah proses dimana naskah akan diatur tata letaknya, sisi kanan maupun kiri, atas dan bawah. Selain itu, proses ini merupakan proses terpenting dalam pembuatan buku. Kenapa? Karena pada tahap ini, naskah akan diatur tata letaknya serapih mungkin.  Tujuan process layout ini, agar pembaca nantinya nyaman membaca buku tersebut.

  • ISBN

Nah, tentu kalian tau apa itu ISBN. ISBN (International Standart Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup dalam ISBN.

  • Proses Cetak

Growing yakin ini adalah step yang paling kalian tunggu. Saat memasuki proses cetak, itu artinya buku kalian segera siap untuk dijual. Kalian harus sabar ya menunggu proses cetak ini, karena proses cetak ini biasanya mecapai 2-4 minggu.

3. Pemasaran

Setelah proses cetak selesai, langkah selanjutnya adalah proses pemasaran. Proses pemasaran adalah proses mengalirkan barang dan atau jasa dari produsen ke konsumen. Ini adalah tahap final dari proses penerbitan. Pada tahap ini buku kalian akan dipasarkan ke toko-toko buku, dan bisa juga dipasarkan secara online.

Nah, itu dia proses penerbitan buku. Mudah bukan? Ini adalah proses pembuatan dari sebuah naskah sampai menjadi sebuah buku. Proses membuat buku memanglah panjang, maka dari itu hargailah hasil karya kalian. Terus berkarya, dan segera terbitkan buku kalian. Growing akan selalu siap membantu. Have A Good Day…

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.