17 April! Hidup Demokrasi Indonesia!

17 April 2019 bisa kita artikan sebagai pesta demokrasi rakyat Indonesia. Dikatakan sebagai pesta demokrasi, karena tepat di tanggal 17 April 2019, kita akan melaksanakan yang namanya pemungutan suara. Salah satunya adalah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Apa sih pemilu itu? Apakah penting? Kenapa kita harus ikut andil dalam pelaksaan pemilu ini?

Nah, pemilu (Pemilihan Umum) adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Pemilu adalah salah satu ukuran terpenting adanya keterlibatan rakyat dalam sebuah negara, karena pemilu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat dalam memilih pemimpin.

Lalu, haruskah kita ikut andil dalam pelaksanaan pemilu? Jawabannya adalah iya. Karena sebagai warga negara Indonesia, pemilu merupakan salah satu bentuk kepedulian kita akan nasib bangsa kedepannya. Pemilu merupakan sarana penunjang dalam mewujudkan sistem ketatanegaraan secara demokratis. Pemilu pada hakikatnya adalah suatu proses pemberian mandat dari pemegang kedaulatan (rakyat) kepada calon pemimpinnya.

Baca Juga : Tips Berdamai dengan Lelahnya Deadline

Kita semua paham betul kan bahwa ‘kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat’. Nah, kita sebagai pihak yang memgang kekuasaan tertinggi tentu harus turut andil dalam pelaksaan pemilu. Ingat ya! Hak suara itu berharga lho! Dan satu lagi, hak suara yang kita punya adalah penentu nasib bangsa kita.

‘Pemilu’ tidak dapat dipisahkan dari kalimat ‘coblos-mencoblos’ hehe… Kita semua tau bahwa pemungutan suara dilakukan dengan cara mencoblos surat suara yang sudah disediakan. Pemilu atau yang sering kita sebut ‘mencoblos’ adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap masa depan Indonesia. Nah, berharga banget kan suara kita?

Beberapa hal di bawah ini, mungkin bisa menjadi renungan untuk kita semua dalam menyikapi kegiatan pemilu.

1. Suara kita adalah penentu nasib bangsa 5 tahun kedepan.

2. Ikut andil dalam bagian dari demokrasi negara.

3. Suara kalian (Generasi Muda) itu sangat menentukan dan jumlahnya signifikan.

Mungkin 3 hal di atas hanya segelintir alasan kenapa kita harus mencoblos. Apalagi untuk generasi muda Indonesia. Kita semua harus sadar dengan yang namanya demokrasi. Sebagai generasi penerus bangsa kita semua harus tuh yang namanya peduli yang namanya demokrasi. Ingat ya! Dengan  berdemokrasi itu artinya kita peduli dengan nasib bangsa Indonesia.

Ayo kita ramaikan Pemilu 2019. 17 April 2019 adalah waktunya kita semua berdemokrasi dan menentukan pilihan sesuai hati nurani. Ingat ya! JANGAN GOLPUT! Karena satu suara kita menentukan nasib bang 5 tahun kedepan. Tidak ada salahnya luangkan waktu 5 menit demi nasib bangsa 5 tahun kedepan. Salam Pemilu 2019.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.