Apakah kalian termasuk orang yang sering mengalami kesulitan ketika menulis?

Hem… Menulis agaknya masih menjadi hal yang dirasa sulit oleh beberapa orang. Padahal sebenarnya menulis bisa saja dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Tapi faktanya masih banyak yang mengalami kesulitan saat menulis.

Mungkin banyak dari kalian yang sebenarnya senang menulis, namun ada saja kesulitan yang kalian alami saat menulis. Hambatan yang sering terjadi biasanya adalalah rasa kesulitan dalam menuangkan gagasan pikiran ke dalam sebuah tulisan. Banyak sekali orang yang mengalami hambatan tersebut. Keinginan menulis sebenarnya ada, tetapi pada saat ingin  menulis paragraf pertama, rasanya berat sekali. Bahkan, ide-ide yang sebelumnya sudah ada dalam pikiran, seketika menguap begitu saja dan hilang tak berbekas.

Hambatan atau kesulitan yang ada tentu bukan tanpa penyebab. Kalian harus tau bahwa hambatan atau kesulitan yang terjadi pada saat menulis, memiliki banyak fakor penyebabnya. Tentu kalian setuju kalau segala sesuatu pasti ada penyebabnya. Nah, begitu juga dengan menulis. Menulis dianggap sulit oleh banyak orang, dan penyebabnya adalah :

1. Bingung Memulainya

Perasaan bingung seringkali terjadi nih. Kalian pasti pernah berada di posisi ini. Punya ide, mau nulis, tapi bingung harus mulai dari mana. Biasanya hal ini terjadi pada kalian yang belum terbiasa menulis, di mana kalian punya ide dan gagasan yang matang, tetapi kalian benar-benar bingung dan gak tau harus memulai dari mana.  Hal ini wajar saja, karena bagi kalian yang belum terbiasa menulis dan masih awam dengan dunia penulisan, menulis merupakan hal yang bisa dikatakan sulit.

2. Susah Mendapatkan Ide

Ada orang yang memiliki ide tetapi sulit menuangkannya dalam sebuah tulisan. Ada juga orang yang bisa menuangkan idenya, tetapi sulit mendapatkan ide. Nah, untuk kalian yang sering stuck ide ketika menulis, ini adalah hambatan atau kesulitan yang sering kalian alami.

3. Sulit Mendapatkan Waktu yang Pas

Banyak orang yang memiliki ide dan gagasan yang bagus, serta memiliki kemampuan untuk menulis, tetapi tidak pernah memiliki waktu yang pas untuk melakukannya. Menulis memang membutuhkan waktu yang pas. Seperti pada saat mood sedang bagus, atau ide yang tiba-tiba muncul. Mereka yang sulit mendapatkan waktu yang pas untuk menulis, biasanya adalah mereka yang memiliki jam kerja padat. Nah, mereka yang memiliki jam kerja padat, akan selalu menemui kesulitan semacam ini. Dan biasanya, mereka membiarkan ide dan gagasan menguap begitu saja.

Baca Juga : Tips Berdamai dengan Lelahnya Deadline

4. Mood yang Berganti

Mood adalah permasalahan yang sering muncul pada setiap kesempatan. Mood yang berantakan bisa menganggu kegiatan sepanjang hari. Mood juga sangat berpengaruh pada hasil tulisan. Makanya, banyak orang mengalami kesulitan menulis, apalagi pada saat mood sedang berantakan. Mood yang sering berganti juga merupakan kesulitan yang paling lumrah terjadi dalam dunia penulisan.

5. Tidak Percaya Diri

Membangun kepercayaan diri bisa di bilang susah-susah gampang. Banyak orang yang merasa tidak percaya diri dengan tulisannya. Awalnya sih lancar-lancar saja ketika menulis, tetapi semakin lama dirinya tidak percaya diri dengan tulisannya. Tentu banyak hal yang bisa membuat orang tersebut tidak percaya diri dengan tulisannya. Seperti takut jelek dan takut di kritik. Permasalahan kepercayaan diri inilah yang membuat banyak orang merasa kesulitan dalam menulis.

6. Selalu Merasa Hasilnya Jelek

Ini adalah salah satu bagian dari permasalahan kepercayaan diri. Penyebab terbesar seseorang tidak percaya diri dengan tulisannya adalah karena dirinya selalu merasa hasil tulisannya itu jelek. Padahal, setiap tulisan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, perasaan itulah yang menjadi kesulitan setiap orang ketika hendak menulis. ‘selalu merasa hasilnya jelek’

7. Keinginan untuk Langsung Mendapatkan Hasil Sempurna

Pernah mendengar peribahasa ‘tak ada gading yang tak retak’? Pasti pernah! Nah, persis seperti peribahasa tersebut, tidak ada manusia yang sempurna dan tidak memiliki kesalahan. Begitu juga saat menulis. Tidak ada hasil tulisan yang langsung sempurna. Pasti semuanya membutuhkan proses. Keinginan untuk langsung mendapatkan hasil yang sempurna merupakan sebuah kesulitan yang sering dialami. Banyak orang yang ingin mendapatkan hasil yang langsung sempurna, dalam satu kali action. Hem, rasanya impossible ya. Tapi nyatanya, ini adalah keinginan yang setiap orang miliki. Dan keinginan itulah yang menyebabkan seseorang merasa kesulitan dalam menulis.

Wah, lumayan banyak nih yang sudah Growing bahas. Kesulitan dalam menulis sudah pasti ada dan lumrah ditemui. Tapi, kesulitan bukanlah sebuah alasan untuk tidak menulis. Kesulitan pasti bisa dilewati dengan mudah, asal kalian tetap semangat dan tekun dalam menulis. Jangan lelah untuk menulis ya. Jadilah generasi bangsa yang terus berkarya. Salam hangat ini Growing sampaikan untuk kalian sang penerus generasi bangsa. Happy Reading.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.